Bagus, Cepat, Murah dan Tanpa Quantity Minimum

Itu adalah tagline dari Rambelin.com, mengapa saya tertarik dengan slogan tersebut? Ada seorang teman berkata, “sebagai customer kita cuma bisa mendapat 2 dari 3 hal yang harus kita pilih : bagus, cepat atau murah. Kalau mau bagus dan cepat, tidak akan dapat murah, kalau mau bagus dan murah, tidak mungkin bisa cepat (mungkin harus antri, atau pekerjaan dikerjakan kalau sempat), kalau mau cepat dan murah, tentu sulit mendapat hasil yang bagus”. Mendengar penjelasan itu, saya berpikir benar juga ya. Lalu saya pikir, kalau Rambelin.com dalam hal menerima order percetakan bisa memberikan ketiga hal tersebut sekaligus, bahkan tanpa quantity minimum yang biasanya harga menjadi lebih mahal kalau quantity sedikit, tentu akan sangat disukai oleh para customer.

Bagaimana cara merealisasikan tagline tersebut? Ini tentu akan menjadi tantangan yang menarik. Kalau Hendrik Ronald dalam bukunya Power of Services mengatakan bahwa asal servis bagus harga boleh tinggi klien tetap puas, tapi bagaimana supaya kita bisa tetap produksi dengan harga yang juga tidak tinggi? Ada seorang teman yang berkata, kalau mau memakan seekor gajah, jangan telan sekaligus, tapi potong kecil-kecil. Ok, sekarang  mari kita uraikan bagaimana Rambelin.com bisa merealisasikan ke 4 hal tersebut sekaligus.

Saya mulai dari cepat dan murah, biasanya percetakan / jasa kilat karena kebutuhan darurat itu sudah tentu tidak murah (diluar perkara bagus / tidak hasilnya), mengapa menjadi mahal? Karena prioritas sehingga proyek yang budget rendah digeser pengerjaannya, karena harus bayar lembur, karena perlu ongkos untuk belanja  padahal tidak sesuai jadwal belanja produksi dan terakhir, karena aji mumpung ada orang yang lagi butuh lalu pasang harga tinggi supaya bisa mendapat keuntungan lebih. Bagaimana supaya bisa cepat tapi tetap murah? Karena ini adalah tantangan terbesar dalam dunia percetakan. Pertama paling mudah tentu hilangkan prinsip aji mumpung, kalau pelanggan puas, kita akan mendapat referensi dari pelanggan tersebut.  Siapkan stok untuk kebutuhan darurat supaya tidak keluar ongkos dadakan. Rambelin.com tidak ada budget lembur, karena begitu ada order, kami kerja lembur hehehe. Tentang prioritas, kami fokus dengan klien satu persatu, sehingga semua menjadi jasa kilat dengan harga normal. Artinya cepat dan murah bisa kita wujudkan.

Bagaimana dengan tambahan bagus? Ini tidak akan sulit, karena desain dari klien, kita tinggal membuat seperti desain yang diminta klien, kalau klien tidak siap dengan desain, kami akan membantu membuat desain secepatnya sampai klien puas, kalau klien butuh cepat, silakan datang, kita bicarakan apa yang dikehendaki, bahkan tanpa biaya tambahan untuk desain, selama ini pun Rambelin.com tidak pernah kena komplen karena hasil kurang bagus / sejenisnya, karena itu kita selalu dapat pelanggan dari referensi.

Setelah kita bisa mewujudkan produksi yang bagus, cepat dan murah, bagaimana dengan “tanpa quantity minimum”. Ini adalah paling sulit karena percetakan menggunakan mesin, setiap percetakan baik itu offset maupun sablon, pasti ada quantity minimum. Sebagai contoh, sablon 10 atau 100 dengan harga sama misal Rp. 10.000,- karena minimum 100, otomatis harga sablon 10 menjadi mahal karena perlembar menjadi Rp. 1000,- sedangkan cetak 100 hanya kena Rp.100,-. Begitu juga dengan ongkos percetakan lainnya seperti poly, emboss atau pond. Bagaimana menyiasati hal ini? Tunggu dulu, ini kan tentang pengerjaan menggunakan mesin, sedangkan Rambelin.com adalah pusat handmade se-Indonesia, tentu saja pengerjaan handmade tidak perlu quantity minimum karena tidak menggunakan mesin.

Demikianlah caranya Rambelin.com memberikan pelayanan jasa percetakan dengan tagline, bagus, cepat, murah dan tanpa quantity minimum. Semoga kami bisa selalu memberi solusi untuk setiap pelanggan. Jika anda dalam kondisi darurat membutuhkan bantuan, silakan hubungi kami di 0898 2739 066.